TETAP PRODUKTIF WALAU KERJA DARI RUMAH (WORK FROM HOME : WFH)

Dipublikasi : 24 March 2023
Responsive image

Virus Covid-19 yang secara tidak langsung memberikan pemberlakuan WFH kepada karyawan membawa dampak terhadap etos kerja. Hal ini hampir sama dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh (Priansa. 2018:286) yang mengkaji tentang Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. 


Menurut (Priansa. 2018:286), Beberapa dampak etos kerja yang diakibatkan akibat pandemi tersebut antara lain adalah karyawan tidak bisa bekerja dan berkomunikasi secara efisien untuk mendukung keahlian interpersonal mereka.


Nah gimana sih cara mengatasi hal tersebut? Yuk! simak baik - baik


Bekerja dari rumah bisa menjadi tantangan bagi beberapa orang karena lingkungan yang berbeda dari kantor dan gangguan dari keluarga maupun lingkungan sekitar. Namun, ada beberapa tips untuk membuat pekerjaan menjadi lebih produktif,


  1. Membuat Jadwal Kerja 

Buat jadwal kerja yang terstruktur dan tetap patuhi jadwal tersebut. Jadwal kerja yang jelas akan membantu kamu tetap fokus dan tidak terganggu oleh hal- hal yang tidak perlu.


  1. Tetap Rapi dan Teratur

Meskipun kamu bekerja dari rumah, pastikan area kerja kamu tetap rapi dan teratur. Hal ini akan membantu kamu untuk tetap fokus, dan menghindari kebingungan ketika mencari sesuatu.


  1. Menggunakan Teknologi dalam Mempermudah Pekerjaan

Ada banyak aplikasi dan perangkat lunak yang dapat membantu meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah, seperti aplikasi manajemen waktu, aplikasi manajemen tugas, dan perangkat lunak kolaborasi.


  1. Membagi Waktu untuk Beristirahat

Penting untuk memberi diri kamu waktu istirahat yang cukup dan meluangkan waktu untuk beristirahat agar kamu bisa kembali bekerja dengan semangat yang baru.


  1. Komunikasi Harus Jelas

Pastikan kamu memiliki komunikasi yang jelas dengan rekan kerja atau atasan kamu. Hal ini akan membantu memastikan bahwa pekerjaan kamu berjalan dengan lancar dan menghindari kebingungan atau kesalahan